LPM IAIN Cirebon – Pada hari Jumat 22 Oktober 2021 hingga Sabtu, 23 Oktober 2021 tengah dilakuan Asesmen Lapangan Prodi PAI S3 Pasca Sarjana IAIN SYkeh Nurjati Cirebon. Asesmen Lapangan (AL) ini berlangsung santai tapi pertanyaan yang diajukan 2 asesor sangat detail dan lengkap.

Asesor yang melakukan asesmen lapangan terhadap jurusan Pendidkan Agama Islam (PAI) S3 ini adalah Dr. H. Amir Maliki Abitolkha M,Ag dan Prof. Dr. M. Sirozi, MA., Ph. D.
Acara Asesmen Lapangan ini dibuka langsung Oleh Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr. H. Sumanta, M.Ag yang hadir melalui Zoom meeting. Sementara itu Warek 1 Dr. H. Saefudin Zuhri, M.Ag dan Warek 2 Dr. Kartimi, M.Pd, dan ketua Senat IAIN.

Acara Asesmen Lapangan ini dibuka langsung Oleh Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr. H. Sumanta, M.Ag. Pada kesempatan ini Warek 1 Dr. H. Saefudin Zuhri, M.Ag dan Warek 2 Dr. Kartimi, M.Pd, dan ketua Senat IAIN, Drs. H. Wawan Arwani, MA hadir langsung di ruangan meeting Pascasarjana untuk mendukung suksesnya acara AL ini.
Sementara itu dari pihak Pascasarjana, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. H. Dedi Djubaedi, M.Ag. terjun langsung untuk mensukseskan acara ini, untuk mendampingi Wakil Direktur, H. Didin Nurul Rosidin, MA, Ph.D dan Kaprodi PAI S3, Dr. Siti Fatimah, M.Hum.
Demi suksesnya acara AL S3 PAI, Lembaga Penjaminan Mutu (LPM IAIN) Cirebon menerjunkan 3 personelnya yang dipimpin langsung oleh ketua LPM, Dr. H. Ayus Ahmad Yusuf, S.E., M.Si., dibantu oleh Sekretaris LPM, Toheri, S.Si., M.Pd., dan Kepala Pusat Audit Mutu, Muhsin Riyadi MA.

Berlangsung Santai Tapi Detail
Dalam asesmen kali ini, 2 asesor tampil dengan santai, memberikan pertanyaan kepada Direkur, Wadir, Kaprodi, dan lainnya. Namun pertanyaan yang disampaikan sangat detail. Misalnya terkait pendidikan, yakni di borang 6, bertanya tentang dosen pengajar, sampai pada RPS, implementasi penggunaan media online seperti LMS dan evaluasi terhadap sistem pembelajaran, hingga pada capaian pembelajaran masing-masing Mata Kuliah dan bahkan sampai ditanya detail pada beberapa mahasiswa, dan stake holder yang bersangkutan.
Sementara itu dari pihak pascasarjana telah mempersiapkan 9 Gugus Mutu yang masing-masing hadir dengan 1 laptop yang telah berisi 9 borang akreditasi yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan strategi ini, berbagai pertanyaan dari 2 asesor walau detail, bisa dijawab dengan baik oleh piha S3 PAI.

Berikut ini adalah beberap point yang disorot tajam oleh 2 asesor :
- Unggul dalam VIsi Misi itu apa saja definisinya
- Persiapan semua unsur, lpm, ptipd, Lp2m. sediakan jadwal, kadang juga di luar jadwal
- Pertanyaan terkait staf jurusan harus ada 1, staf ict/iti, 1 pustakawan, 1 arsiparis, administrasi, ditanya terkait pelatihan aminsitrasi dll
- Rumusan iku-ikt harus bunyi direncankan
- Kesesuaian latar belakang pendidikan dosen dengan mk yang diampu
- Konfigurasi promotor dengan materi disertasi, keahlian penguju harus sesuai dengan materi disertasi yang diuji. (mekanisme penunjukan penguji/SOP)
- Recognisi dosen tetap
- Pertatanyaan terkait review kurikulum, review harus ngundang pakar, harus lebih dari satu hari pelaksanaannya, menghadirkan stake holder, di akhir proses, produknya harus jelas
- Banchmarking internal min 3 point
- Bokumen publikasi ilmiah
- SOP terkait pengajuan judul disertasi
- Latar belakang keilmuan Kaprodi tidak sesuai jurusan
- Pertanyaan terkait perpustakaan, harus ada pustakawan, ditanya jumlah buku, latarbelakang pendidikan pustakawan, apakah sesuai dengan perpustakaan.
Jadwal Asesmen Lapangan Prodi PAI S3
Jadwal Hari Pertama
Waktu | Sesi | Agenda | Pihak yang terlibat |
08.00 – 08.15 | Pembukaan asesmen | Pembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan. | Asesor, Pimpinan UPPS, Undangan |
08.15 – 09.45 | Sesi dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi | Konfirmasi terkait: rencana pengembangan UPPS, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi. | Pimpinan UPPS dan Ketua/Koordinator Program Studi |
09.45 – 11.00 | Konfirmasi Data LKPS / Excel Data PS | Penetapan data LKPS final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif | Pimpinan UPPS, Pelaksana Penjaminan Mutu di UPPS, Tim Akreditasi, Pengelola Sistem Informasi |
13.00-14.00 | Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu Internal | Konfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas proses SPMI di UPPS yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, dan laporan berkala hasil SPMI di Unit Pengelola Program Studi | Pelaksana Penjaminan Mutu di UPPS (atau lembaga/fungsi sejenis) |
14.00 – 15.00 | Sesi dengan Tim Akreditasi | Konfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) / Borang III A | Tim Akreditasi |
15.00 – 16.00 | Sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS, | Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridarma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi); | Ketua Laboratorium, Kelompok Keahlian (sejenis), Unit Layanan Informasi Ilmiah. |
16.00 – 17.00 | Sesi dengan alumni dan pengguna eksternal | Konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholders external terkait outputs Unit Pengelola Program Studi | Pemerintah, masyarakat, pihak swasta yang relevan, dan alumni |

Hari Ke 2
Waktu | Sesi | Agenda | Pihak yang terlibat |
08.00 – 09.00 | Sesi dengan dosen | Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen | Dosen |
09.00 – 10.00 | Sesi dengan Tenaga Kependidikan | Konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan | Tenaga Kependidikan |
10.00 – 11.00 | Sesi dengan mahasiswa | Konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, | Mahasiswa |
11.00 – 13.00 | Kerja mandiri Tim asesor | Penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi | Panel Asesor |
13.00 – 15.00 | Penyampaian feedback dan penandatangan Berita Acara AL | Penyampaian Berita Acara ke Pimpinan UPPS dan Pengecekkan Berita Acara asesmen lapangan oleh pimpinan PT | Panel Asesor, Pimpinan UPPS, dan Tim Akreditasi |
15.00 – 15.30 | Wrap Up | Penandatanganan Berita Acara Asesemen Lapangan dan Wrap Up. | Panel Asesor, Pimpinan UPPS, Undangan |