LPM Melakukan Pendampingan AL Jurusan Ekos FSEI IAIN Cirebon

LPM IAIN Cirebon 2021 – Pada dua hari ini, Rabu-Kamis, 13-14 Oktober 2021, Lembaga Penjaminan Mutur (LPM) Melakukan Pendampingan Asasmen Lapangan (AL) terhadap Jurusan Ekonomi Syariah (Ekos) FSEI IAIN Cirebon. AL ini dilakukan secara online oleh 2 asesor BAN-PT yakni Prof. Dr. Akhmad Mujahidin, M.Ag dan Prof. Dr. Yadi Janwari, MA.

LPM Melakukan Pendampingan AL Jurusan Ekos FSEI IAIN Cirebon
LPM Melakukan Pendampingan AL Jurusan Ekos FSEI IAIN Cirebon

Acara ini dibuka oleh Rektor IAIN Sykeh Nurjati Cirebon Dr. H. Sumanta, MAg, dan diampingi oleh 3 person dari LPM, yakni Ketua LPM Dr. H. Ayus Ahmad Yusuf, S.E., M.Si, Sekretaris LPM, Toheri, M.Pd, dan Kapus Audit Mutu, Muhsin Riyadi, MA. Sementara itu dari FSEI dan Jurusan Ekos yang hadir adalah Dekan FSEI, Dr. H. Aan Jaelani, M.Ag didampingi oleh Wadek 1, Wadek 2, dan Wadek 3, serta Kajur dan Sekjur Ekos ditambah perwakilan mahasiswa.

Selain itu dalam acara ini juga dihadir para utusan dari stake holder yakni dari Laboratorium Perbankan Syariah, Laboratorium Peradilan Agama, Tax Center, Mini Bank, Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia (GISBEI), Family Center Mediation, Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH), Laboratorium Ilmu Falaq, Bank Syariah Indonesia (BSI) Corner, Bank Indonesia Corner, Koperasi Harapan Sejahtera, Pusat Studi Hukum, Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Daerah, dan Mini Market HS Coop. Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD) pada kesempatan ini membantu suksesnya koneksi jaringan dalam AL daring ini.

Agenda AL Jurusan Ekos FSEI IAIN Cirebon

Adapun agenda acara secara rinci bisa disimak sebagai berikut:

Hari Pertama:

Waktu PelaksanaanSesiAgendaPihak yang terlibat
08.00 – 08.15Pembukaan asesmenPembukaan asesmen, pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan.Asesor, Pimpinan perguruan tinggi, Undangan
08.15 – 09.45Sesi dengan Pimpinan PTKonfirmasi terkait: kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi.Pimpinan dan Senat perguruan tinggi
09.45 – 11.00Konfirmasi Data LKPT / Excel data PTPenetapan data LKPT final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatifPimpinan perguruan tinggi, Lembaga Penjaminan Mutu (Lembaga/fungsi Sejenis), Tim Akreditasi, Pengelola Sistem Informasi
11.00 – 12.00Sesi dengan Pelaksana Penjaminan Mutu InternalKonfirmasi pelaksanaan, hasil dan efektivitas SPMI yang meliputi seluruh siklus PPEPP. Pengecekan dokumen standar, manual, instrument/tools, laporan berkala dan bukti tindak lanjut hasil SPMI.LPM (atau lembaga/fungsi sejenis)
12.00 – 13.00 IsomaIsoma Isoma
13.00 – 14.30Sesi dengan Tim AkreditasiKonfirmasi data dan informasi dalam Laporan Evaluasi Diri (LED) / Buku IIITim Akreditasi
14.30 – 15.30Sesi dengan (middle) Manajemen PTKonfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi);Dekan, Ketua Lembaga, Kepala Biro, Direktur, Bagian (atau pejabat setingkat yang terkait)
15.30 – 16.30Sesi dengan alumni dan pengguna eksternalKonfirmasi terkait keterlibatan, harapan, kepuasan dan masukan dari stakeholders external terkait luaran
perguruan tinggi
Pemerintah, masyarakat, pihak swasta, dan alumni

Hari ke 2:

Waktu Pelaksanaan SesiAgendaPihak yang terlibat
08.00 – 09.00Sesi dengan dosenKonfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosenDosen
09.00 – 10.00Sesi dengan Tenaga KependidikanKonfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikanTenaga Kependidikan
10.00 – 11.00Sesi dengan mahasiswaKonfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswaMahasiswa
11.00 – 13.00Kerja mandiri Tim asesorPenyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasiPanel Asesor
13.00 – 15.00Penyampaian feed back dan penandatangan Berita Acara ALPenyampaian Berita Acara ke Pimpinan Perguruan Tinggi dan Pengecekkan Berita Acara asesmen lapangan oleh pimpinan perguruan tinggiPanel Asesor, Pimpinan perguruan tinggi, dan Tim Akreditasi
15.00 – 15.30Wrap UpPenandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan dan Penyampaian Rekomendasi Hasil Akreditasi ke perguruan tinggi.Panel Asesor, Pimpinan perguruan tinggi, Undangan

Dalam rilis yang diberikan oleh Asesor, terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang ditemukan ketika melakukan asasmen lapangan ini. Diantaranya adalah bahwa jurusan Ekos sudah banyak memiliki dokumen kelengkapan, borang, namun dokumen tersebut belum semuanya terkirim dan terdistribusikan. Sehingga asesor memberi waktu kepada jurusan untuk menyusun dan mengurum ulang dokumen tersebut. Selain itu, jurusan Ekos merupakan jurusan baru, sehingga belum mempunyai lulusan.

Semoga mendapatkan hasil terbaik!