Pusat Pengendali Audit


Pusat Pengendali Audit (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon


    Pusat Audit dan Pengendalian Mutu (PAPM) berperan penting dalam menjamin mutu IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Visi, misi, dan tujuannya dibangun dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam memastikan bahwa program pencapaian mutu telah diterapkan dan sasaran mutu yang telah ditetapkan tercapai. Tugas dan Ketenagaan Pusat Audit dan Pengendalian Mutu adalah sebagai berikut:

Tugas Pokok Dan Fungsi Jabatan

  1. Pusat Audit dan Pengendalian Mutu Akademik mempunyai tugas melaksanakan pengawasan dan pengendalian mutu akademik.
  2. Pusat Audit dan Pengendalian Mutu mempunyai program audit mutu internal, program Pengukuran Inde3ks Kinerja Dosen (IKD), program pemantauan mutu, dan program pemantapan persiapan audit eksternal oleh Lembaga Akreditasi BAN-PT
  3. Pusat Audit dan Pengendalian Mutu terdiri dari Kepala Pusat, Tim Auditor, Tim Kendali Gugus Mutu (TGKM) dan staf Tata Usaha.

Ruang lingkup Kegiatan

  1. Merencanakan dan melaksanakan evaluasi dan pengendalian mutu akademik secara sistematis, terarah dan berkelanjutan sesuai dengan tuntutan perubahan lokal, nasional, dan global
  2. Mengembangkan dan menetapkan perangkat yang diperlukan dalam melaksanakan evaluasi dan pengendalian mutu akademik
  3. Melaksanakan pelatihan dan konsultasi dalam rangka menjamin dan mengendalikan mutu kinerja perguruan tinggi
  4. Memonitor pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik
  5. Melakukan audit dan evaluasi pelaksanaan sistem penjaminan mutu akademik
  6. Melakukan sosialisasi, publikasi, dan upaya perbaikan terkait hasil audit
  7. Melakukan kerja sama dengan lembaga lain

Program yang direncanakan pada PAPM meliputi :

  1. Pemantauan kinerja Tridarma Perguruan Tinggi, antara lain :
    • Pengukuran Inde3ks Kinerja Dosen (IKD) setiap semester
    • Monitoring dan evaluasi program penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  2. Pemantauan kinerja proses penunjang tridarma perguruan tinggi, antara lain :
    • Survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik
    • Survey kepuasan dosen dan staf terhadap pengembangan SDM
  3. Penelusuran lulusan berkarya, antara lain :
    • Survey pengguna lulusan (Stakeholder)
    • Survey pelacakan alumni (Tracer Study)
  4. Pemantauan dan memastikan seluruh proses telah menerapkan sistem mutu perguruan tinggi, melalui Audit Mutu Internal.

Bentuk Layanan

  1. Instrumen Akreditasi
  2. Nilai Akreditasi Prodi
  3. Beban Kinerja Dosen (BKD)
  4. Indeks Kinerja Dosen (IKD)

Selanjutnya akan segera diupdate,Terimakasih.

Pusat Pengembangan Standar →