LPM 2021 – Lembaga Penjaminana Mutu (LPM) IAIN Syekh Nurjati Cirebon pada hari Jumat, 15 Oktober 2021 menggelar rapat dalam rangka Pembukaan AMI 2021 sekaligus Peluncuran Aplikasi Esami dan Siborang, bertempat di ruang Senat IAIN Cirebon. Dalam beberapa minggu ke depan LPM menyelanggarakan bulan Audit Mutu Internal (AMI) yang dibuka pada hari tersebut secara langsung oleh Rektor IAIN SNJ Cirebon, Dr. H. Sumanta, M.Ag.

Pembukaan AMI 2021
Hadir dalam Acara ini, Rektor IAIN sykeh Nurjati Cirebon, Warek 1 dan Warek 2, seluruh awak LPM mulai dari Ketua, Sekretaris, Kapus Standar, Kapus Audit, Arsiparis, hingga beberapa staf. Hadir pula para auditor AMI, dan juga para auditee. Total peserta yang hadir sebanyak 61 orang dengan rincian 30 orang hadir di ruang senat dan 31orang hadir via online.

Peluncuran Aplikasi Esami dan Siborang
Dalam rapat ini dibahas beberapa agenda diantaranya adalah :
- Pembukaan Bulan AMI
- Peluncuran APlikasi Siborang Produk PTIPD
- Penjelasan Teknis Pelaksanaan AMI
Setelah dilakukan pembukaan, dilanjutkan dengan peluncuran 2 aplikasi, yakni Aplikasi Esami dan Siborang dengan rincian sebagai berikut :
- Aplikasi Esami, yakni aplikasi dengan singkatan Eletronik Sistem Penjaminan Mutu Internal. Aplikasi ini dibuat untuk mengawal AMI pada Lembaga atau UPT di lingkungan IAIN SNCJ Cirebon.
- Aplikasi Siborang, yakni dengan kepanjangan Aplikasi Borang, yang dibuat untuk memfasilitasi AMI terhadap smua fakultas dan jurusan di lingkungan IAIN SNJ Cirebon.

Dua aplikasi ini telah melalui proses panjang sebelum diluncurkan, yakni beberapa proses penggodogan yang melibatkan PTIPD, LPM, para Audotor AMI dan para Ketua dan sekretaris jurusan di lingkungan IAIN Cirebon. Proses ini tentusnya sesuai dengan pola kerja LPM yakni PPEPP (penetapan, pelaksanaan, evaluasi pelaksanaan, pengendalian pelaksanaan, dan peningkatan). Yakni pertama ditetapkan rencana penyusunan dan pembuatan aplikasi ini, kemudian dilaksanakan rencananya dalam bentuk pembuatan aplikasi. Setelahnya dilakukan presentasi dan evaluasi pada dua aplikasi ini, selanjutnya dilakukan pengendalian pelaksanaan dan peningkatan. Lalu kemudian setelah dirasa memenuhi standar yang diinginkan, akhirnya aplikasi ini diluncurkan.
Selanjutnya setelah diluncurkan, rapat dilanjutkan dengan sesi penjelasan teknis pelaksanaan AMI. Yakni cara-cara Auditee menginput dokumen ke aplikasi Esami dan Siborang, cara-cara Auditor menilai Auditee menggunakan 2 aplikasi tersebut, dan pembagian jadwal sertia username dan pasword masing-masing Audite dan Auditor.